About IQA Foundation


Indonesian Quality Award Foundation  ( Yayasan Indonesian Quality Award ) didirikan pada tanggal 3 April 2006 oleh BUMN Executive Club (BEC) dan Forum Excellence BUMN (FEB)  dengan  didukung  oleh  Kantor  Kementerian BUMN.

Lahirnya Indonesian Quality Award Foundation (IQAF) bersamaan dengan Pencanangan tekad bersama penerapan  kinerja  ekselen  BUMN  oleh  Menteri BUMN yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian BUMN Bacelius Ruru. Pernyataan tekad diikuti oleh 50 CEO BUMN. Pada tanggal 20 Juni 2004 di gedung Departemen Keuangan Jakarta.

IQAF bertempat kedudukan di Jakarta dengan Akta Notaris Achmad Abid SH Nomor 1 tanggal 03 April 2006 dan Akta Nomor 05 tanggal 17 Oktober 2006 kemudian disyahkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor C-2575  HT.01.02.2006 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal  8 Nopember 2006

Pembina

Ketua dan anggota Pembina berasal dari unsur Dewan Pendiri, Badan Pemerintah, BUMN, BUMS, Akademisi dan tokoh-tokoh nasional dari berbagai bidang profesi yang berdedikasi tinggi terhadap Aktifitas Mutu, Kinerja Ekselen dan Produktifitas Nasional.

Dewan Penyantun

Ketua  dan  anggota  berasal  dari  Prominent  BUMN

Dewan Examiner

Para praktisi senior yang telah berpengalaman luas baik dalam melakukan asesmen maupun dalam pengelolaan kegiatan manajemen mutu dan pengembangan kesisteman berbasis manajemen mutu.

Dewan Judge

Dewan Judge dipimpin oleh Ketua dewan Pembina beranggotakan senior advisor, senior examiner dan para praktisi perusahaan yang pernah menduduki jabatan manajerial yang tinggi serta memahami aspek–aspek manajemen mutu baik secara komprehensif maupun teknis. Dewan Judge berfungsi memberi pertimbangan, penilaian akhir serta memutuskan dan menetapkan hasil asesmen dan pemberian penghargaan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dewan Pengawas

Dewan Pengawas berasal dari unsur Pendiri, BUMN, BUMS, akademisi, dan tokoh-tokoh nasional dari berbagai bidang professi yang berdedikasi tinggi terhadap Aktifitas Mutu, Kinerja Ekselen dan Produktifitas Nasional.

Pengurus

Berasal dari unsur Pendiri dan tenaga ahli yang berpengalaman baik yang berasal dari BUMN, BUMS, maupun profesional yang berdedikasi tinggi terhadap Aktifitas Mutu, Kinerja Ekselen dan Produktifitas Nasional.

Testimoni

logo-iqaf“Setelah PT Krakatau Steel melakukan Integrasi sistem (SMKS) , selanjutnya kami menerapkan metode Kinerja Ekselen “Malcolm Baldrige” untuk mencapai Bisnis Ekselen dalam mewujudkan VISI perusahaan yaitu menjadikan PT Krakatau Steel sebagai perusahaan Baja terkemuka di dunia."

(Fazwar Bujang, Direktur Utama PT Krakatau Steel, 2010)

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,