Feedback Report - Umpan Balik

Feedback Report

by Tumpal Siregar

Feedback Report - Umpan Balik merupakan kumpulan pernyataan tentang kematangan "proses dan performansi Hasil aplikan berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh tim Examiner IQA Foundation selama 7 hari pada waktu side visit.

 

Pernyataan-pernyataan dalam Umpan Balik ini menggambarkan kualitas proses dan kualitas hasil dari diagnosis dan sintesis terhadap infomasi holistik kondisi aplikan yang dikumpulkan selama site visit  dan dikelompokan menurut urutan kategori Balridge Excellence Framework dalam menyikapi gagasan strategi dan rencana kerja aplikan untuk mencapai tujuan organisasi . Data dan informasi berasal dari dua sumber yaitu DA dan informasi hasil klarifikasi dan verifikasi pada saat site visit.

Adapun Data dan Informasi berasal dari dua sumber yaitu Dokumen Aplikasi (DA) dan informasi hasil klarifikasi dan validasi pada saat side visit.

Diagnosis dan sintesis dilakukan berdasarkan dua (2) sudut pandang yaitu penilaian kualitas proses dan penilaian kualitas hasil berdasarkan Baldridge Excellence Framework, yaitu :

1. Kualitas Proses dinilai berdasarkan dimensi Pendekatan, Penyebaran, Pembelajaran dan Integrasi mengelola organisasi dengan mempertimbangkan sbb :

  • Seberapa sistimatik pendekatan atau metode yang dibangun.
  • Seberapa besar pengaruh metode diperbaaiki agar tetap selaras dengan kebijakan dan operasional.
  • Seberapa kuat pendekatan yang diperbaiki terjadi sinerji di semua jajaran Departemen/Bagian dan personal sesuai kebutuhan organisasi.

 

2. Kualitas Hasil dinilai berdasarkan dimensi Level, Trend/Pencapaian , Comparation/Pembandingan dan Integrasi,  performansi yang dihasilkan sebagai dampak dari kualitas Proses yaitu :

  • Seberapa tinggi kecenderungan Hasil memenuhi misi organisasi.
  • Sebarapa unggul dibandingkan pesaing , Benchmark yang relevan atau organisasi  yang sejenis.
  • Seberapa luas dan dalam indikator- indikator yang dilaporkan. 

 

Adapun susunan Dokumen Feedback Report terdiri dari tiga bagian penting, yakni :

a. Key Themes b. Key Factors dan c.Criteria Respond.

Feedback Report / Umpan Balik dapat dijadikan dasar aplikan untuk melakukan perbaikan kinerja organisasi karena dalam Feedback Report Dokumen ini berisi tentang pernyataan- pernyataan yang mengomentari tentang Kekuatan/ Strength  dan pernyataan- pernyataan  tentang Peluang Perbaikan atau Opportunities for Improvement (OFI) yang bila ditindak lanjuti akan meningkatkan kinerja Aplikan. 

Jakarta jan 2016.- fts

 

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,