Innovation - Reka Baru Featured

Dibutuhkan kreatifitas atau imaginasi, pengetahuan, ketrampilan teknologis dan pengalaman untuk menghasilkan innovasi.Adapun hasil innovasi haruslah memberikan nilai ekonomis yang signifcan bagi organisasi. Innovasi yang ada hubungannnya dengan kreatifitas dan imaginasi hanya akan tumbuh subur bila organisasi mempunyai budaya  ber innovasi dan  tersedianya environment atau lingkungan yang mensupport, memberikan suasana  para SDM untuk mau dan berani untuk berkreatifitas namun juga harus  mempunyai keberanian dalam menanggung resiko.

Dan disinilah tantangannya karena Innovasi itu berkaitan erat dengan cost, waktu dan mental serta kegagalan.Sehingga kemampuan dan kecerdasan  dalam mengkalkulasikan resiko menjadi tantangan utama, meski Innovasi bisa juga masuk dalam katagori investasi namun tetap mengandung resiko kegagalan.

Biasanya dalam ruang lingkup/ lingkungan  organisasi yang aturannnya ketat maka kreatifitas tidak akan tumbuh subur sehingga   innovasi pun tak pernah terbit. Padahal kalau roda organisasi atau produk organisasi sudah berjalan maksimal dan mento dan buntu, maka   hanya innovasi yang bisa menembus kebuntuan dan menyelamatkan perusahaan dari stagnansi, dan tetap organisasi tetap tumbuh dan berkembang,  memimpin dan tak terkejar oleh kejaran pesaingnya. Dan Innovasi sebenarnya juga adalah salah satu kompetensi perusahaan dan merupakan modal dan kekuatan perusahaan untuk tetap unggul.Jadi  budaya ber innovasi haruslah tetap dikembangkan.

hasil innovasi dalam sistem manjemen kinerja ekselen

Innovasi bukan semata mata tugas department penelitian dan pengembanagan, lebih dari itu innovasi adalah hal yang sangat penting untuk semua aspek operasi dan semua sistim kerja dan proses kerja. Organisasi harus dipimpin dan dikelola sehingga kecerdasan pengambilan resiko merupakan mearupakan bagian dari budaya pembelajaaran. Innovasi harus diintegrasikan dalam kegiatan kerja sehari hari serta harus ditujang oleh sistem perbaikan kinerja organisasi. Proses- proses yang sistimatik untuk innovasi harus mencapai keseluruh organisasi.ini adalah investasi.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,