Manfaat Kriteria Baldridge Featured

Memperbaiki kinerja pada perusahaan, apa lagi yang berskala besar, seharusnya tidak dilaksanakan berdasarkan tebak-tebakan atau kira - kira. Namun harus dilakukan atas dasar evaluasi dan kajian, terhadap fakta lapangan yang jelas dan detail (Fact Based).- Dengan demikian perbaikan dibuat atas design dan konsep yang jelas.

Untuk itu diperlukan suatu assesment sebelum dilaksanakan perbaikan. Assesment akan menunjukan secara tepat dimana dan apa yang sedang terjadi didalam organisasi.dengan demikian management dapat membuat perencanaan yang tepat untuk perbaikannya.

Adapun alat assemen yang sudah proven didunia adalah Malcolm Baldridge Kriteria. Baldridge Kriteria selain akan memotret proses dan results di organisasi, Kriteria inipun akan memberikan feed back yang berisikan pernyataan yang perlu ditindak lanjuti untuk perbaikan kinerja kedepan. Dengan Baldridge maka perbaikan proses akan lebih mendasar, tepat sasaran dan effisien.

Manfaat Baldridge Kriteria ditingkat Organisasi/ Perusahaan

  1. Manfaat Baldridge Kriteria ditingkat Organisasi/ Perusahaan
  2. Memberdayakan organisasi untuk mencapai tujuan
  3. Memperbaiki Hasil- Hasil / Results menjadi lebih kompetitif melalaui keselarasan perencanaan proses , Keputusan, Tindakan dan Hasil.
  4. Memberikan informasi dimana perusahaan anda berada dan kemana perusahaan harus berada dengan melalui Assesment yang holistik.

Memberikan Manajemen seperangkat tool yang diperlukan untuk menguji semua sistem manajemen dan melalui feedback assesment dapat memperbaiki proses dan hasil untuk peningkatan kinerja secara keseluruhan.

Mengapa demikian ? karena Kriteria Baldridge adalah sekumpulan pertanyaan- pertanyaan yang ada dalam suatu kerangka kinerja manjemen yang terintegerasi. Adapun Jawaban atas pertanyaan - petanyaan akan memperlihatkan dan membantu dalam menyelaraskan semua sumber daya , mengindetifikasi kekuatan dan menunjukan peluang - peluang untuk diperbaiki baik itu masalah komunikasi, produktifitas untuk mencapai tujuan- tujuan yang strategis.dan sekaligus akan membangun Budaya- Budaya Kerja Tinggi didalam organisasi perusahaan, adapun budaya kerja tinggi perusahaan sbb

Budaya - Budaya Kerja Tinggi Perusahaan

  1. Budaya Perusahaan/ Jajaran SDM selalu memberikan nilai terbaik kepada pelanggan dan stake holder.
  2. Budaya kerja yang selalu memperbaiki efektifitas organuisasi/ perusahaan secara keseluruhan dan konsistensi yng tinggi.
  3. Budaya Organisasi / Perusahaan dan seluruh jajaran akan menjadi Organisasi/ Sumber daya manusia Pembelajar. Yakni belajar dari hasil yang paling akhir . (Proses Hasil akhir dievaluasiuntuk dievaluasi dan dijadikan bahan pertimbngan perbaikan pada fase berikut).
  4. Budaya kompetisi yang ditimbulkan atas dasar kepercayaan diri yang meningkat atas hasil peningkattan kompetisi individu seluruh jajaran SDM dan semangat pertumbuhan yang terus menerus.


Budaya Budaya Kerja Tinggi akan berkontribusi positif secara langsung dalam keberlanjutan Organisasi menuju perusahaan Ekselen yang berkelas dunia .- fts .


Keterangan photo : Bacellius Ruru Marie E Pangestu dan David Walton dari Caterpillar Financial Service sebagai receiver MBNQA 2005.-

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,