"Values", sumber kekuatan Perusahan

Perusahaan yang mampu tumbuh, berkembang, dan bertahan lama ternyata didukung oleh kuatnya penaman tata nilai. tata Nilai tersebut melekat, diimplementasikan, dan dijunjung tinggi oleh seluruh pegawai, manajemen , hingga para pemangku kepentingan, maka perusahaan akan mampu tumbuh berkembang dan bertahan lama. Dan Tata Nilai diakui sebagai kekuatan dalam mengintergrasikan struktur,proses dan strategi dalam mencapai tujuan jangka panjang. Kehadiran tata nilai yang dikemas dengan apik terbukti membuat organisasi berkarakter dan mampu menunjukan eksistensinya sehingga membentengi perusahaan dari berbagai krisis.

Corporate value atau tata nilai perusahaan merupakan kumpulan nilai yang dipercaya sebagai kekuatan dalam mengintegrasikan sistem,struktur, prosess, dan strategi dalam mencapai tujuan jangka panjang. Tata nilai dapat berupa alat atau tujuan yang secara individu atau bersama sama dijadikan pegangan. Nilai nilai values merupakan kepercayaan yang ditetapkan dalam seluruh tatanan kehidupan, menembus batas objek, manusia dan situasi.

(CB Sulistyo Kompas Minggu 12 Mei 2013)

Sedangkan salah satu fungsi Tata Nilai Perusahaan adalah merupakan tuntunan untuk berpelilaku dan mengambil keputusan. Tata Nilai adalah menjadi landasan atau fondasi dimana Budaya perusahaan itu bisa terbangun. Dimana Budaya dan Tata Nilai ini sangat berperan vital dalam menjaga/ benteng perusahaan dari kehancuran perusahaan yang disebakan oleh keserakahan manusia, seperti yang terjadi di Amerika belakangan ini.

Sayang dalam artikel tidak di ketemukan apa saja elemen- elemen dari Tata Nilai yang dimaksud.

Namun dalam buku Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence (MBCfPE), dikatakan bahwa didalam Perusahaan yang Ekselen , didapatkan ada sebelas elemen 11 Tata Nilai yang tertanam / embeded didalamnya, mudah-mudahan Tata Nilai yang menurut tulisan Sulistiyo, mampu Mempertahankan, Mengembangkan Perusahaan mempunyai banyak kesamaan seperti yang dimaksudkan dalam Tata Nilai dan konsep dalam buku Baldridge. Adapun 11 elemen Tata Nilai menurut Baldridge adalah sbb : 

11 Elemen Tata Nilai

  1. Kepemimpinan yang memiliki visi kedepan.
  2. Keekselenan yang dikendalikan oleh pelanggan.
  3. Pembelajaran Keorganisasian dan personal.
  4. Pengharkatan Tenaga Kerja dan Mitra.
  5. Kegesitan.
  6. Fokus pada masa depan.
  7. Pengelolaan Inovasi.
  8. Manajemen Berdasarkan Fakta.
  9. Tanggung Jawab kemasyarakatan.
  10. Fokus pada Hasil dan Penciptaan Nilai.
  11. Perspektif Kesistiman.. 

Dari ke 11 (sebelas Tata Nilai inilah kemudian disarikan menjadi 7 kriteria yang dikenal dengan "Baldridge Criteria for Performance Excellence" (MBCfPE). Adapun Sistem Perspektif digambarkan dalam bentuk "burger" yang bagian atasnya (seolah payung) adalah Organisasi Profile (OP) yaitu snapshot mengenai falsafah, kaidah hukum serta apa dan maksud tujan perusahaan didirikan.

 
Kriteria Malcolm Baldridge ini telah diakui oleh Bangsa / Pemerintah Amerika sebagai metode perbaikan kinerja perusahaan yang telah mengembalikan Daya Saing Produk dan Ekonomi yang hampir terpuruk di era tahun 1990 han. Dan dipakai sebagai alat ukur untuk menilai perusahaan dalam Malcolm Baldridge National Quality Award (Amerika).


Adapun penjelasan lebih detail mengenai ke sebelas Tata Nilai ini dapat di baca dalam buku Kriteria Kinerja Ekselen yang diterjemahkan oleh IQA Foundation sebagai pemegang hak untuk menterjemahkan sekaligus mendistribusikan buku Criteria Malcolm Baldridge.di Indonesia. Sedangkan untuk mengerti memahami dan membedakan apakah Nilai-Nilai Perusahaan, Nilai Nilai Individual dan Tata Nilai Perusahaan, Filosophy Perusahaan, Teladan dimana awal muawalnya Budaya Perusahaan terbangun maka Buku Cracking Values tulisan Rhenald Khazali dapat dijadikan referensi salah satu pegangan.

(sumber dan judul diatas diambil dari tulisan CB Sulistiyo di harian Kompas minggu 12 mei 2013 dan buku kriteria Kinerja Ekselen (IQA Foundation)) 

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,