Pendahuluan

 

Penghargaan Indonesian Quality Award – IQA

Indonesian Quality Award (IQA) adalah suatu perhargaan atas tingkat pencapaian kinerja ekselen yang diberikan kepada suatu organisasi berdasarkan hasil asesmen berbasis “Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence” yang diselenggarakan oleh Indonesian Quality Award Foundation.

Apa substansi dari award tersebut? Pada hakekatnya bisa sebagai suatu Pengakuan, Pencapaian, Pembuktian, Kebanggaan, Superioritas, Prestasi, Kepemimpinan, Image, dan sebagainya. Namun pada ajang Penganugerahan Penghargaan IQA, selain yang telah disebutkan diatas, ada makna lain yang didapat oleh Peserta atau Aplikan yaitu ”Value” yang justru jauh lebih bermakna dari Award itu sendiri, karena pada dasarnya perusahaaan itu harus terus tumbuh dan berkelanjutan,dan untuk tumbuh serta berkelanjutan diperlukan ”tambahan” terhadap hasil kinerja yang sudah dicapai itu. Dengan demikian akan menjamin dan mendorong adanya perbaikan dan pertumbuhan yang berjalan secara terus menerus.

Memasuki awarding ke 7 tahun 2011, IQA Foundation banyak menerima umpan balik dari para peserta yang secara konsisten telah mengikuti awarding dari tahun ke tahun. Mereka mengakui bahwa banyak perubahan signifikan yang terjadi di dalam tubuh organisasi perusahaannya sejak ikutserta. Mereka sudah bisa melihat dan merasakan perubahan budaya kerja dan timbulnya rasa percaya diri bahwa mereka kini bekerja disuatu perusahaan yang dipimpin oleh jajaran yang mempunyai tujuan dan etos kerja serta secara seimbang para stakeholder telah bisa merasakan hasilnya.

Jenis Penghargaan

  • Memberikan Penghargaan kepada organisasi atas usaha membangun kinerja ekselen, dan atas perbaikan kinerja yang luar biasa yang direpresentasikan oleh pertumbuhan skor dan perpindahan Band of Excellence.
  • Meningkatkan kesadaran bahwa kinerja ekselen merupakan elemen penting bagi organisasi dalam bersaing.
  • Berbagi informasi keberhasilan

Testimoni

logo-iqaf“Setelah PT Krakatau Steel melakukan Integrasi sistem (SMKS) , selanjutnya kami menerapkan metode Kinerja Ekselen “Malcolm Baldrige” untuk mencapai Bisnis Ekselen dalam mewujudkan VISI perusahaan yaitu menjadikan PT Krakatau Steel sebagai perusahaan Baja terkemuka di dunia."

(Fazwar Bujang, Direktur Utama PT Krakatau Steel, 2010)

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,