Assesment

Proses“assessment & awarding” sebagai mekanisme penilaian dan pemberian penghargaan berlangsung setiap tahun. Proses ”awarding” diawali dengan asesmen dan dilanjutkan dengan penganugerahan penghargaannya.

Asesmen dilakukan oleh satu tim examiner yang terdiri dari 5 orang melalui tahapan sebagai berikut :

01On Desk Assessment (ODA): yaitu asesmen atas Dokumen Aplikasi yang dilakukan secara mandiri oleh para examiner dari tim yang ditetapkan. Kemudian mereka secara tim melakukan konsensus atas hasil kerja mandiri tersebut sebelum melakukan kunjungan lapangan/ site visit dan menetapkan hal – hal yang perlu diklarifikasi, diverifikasi dan dibuktikan di lapangan. Hal – hal tersebut dinamakan site visit issues (SVI).

02Site Visit   Assessment (SVA): yaitu kunjungan lapangan ke lokasi aplikan untuk melakukan klarifikasi, verifikasi dan pembuktian berdasarkan site visit issues (svi) melalui wawancara dengan dengan para senior leader, pemilik proses dan pelaku proses, pemeriksaan dokumen serta tinjauan keliling untuk pengamatan fisik lapangan dan berbicara dengan para tenaga kerja, pemasok, mitra, dan stakeholder terkait lainnya. Setiap hari dilakukan kaukus sesuai perkembangan bukti yang diperoleh di lapangan dan kesimpulan hasil asesmen ditetapkan melalui konsensus oleh tim yang akan menjadi laporan umpan balik berupa: Key Themes, Strength, Opportunity for Improvement, dan Skor.

03Evaluasi Teknis: yaitu evaluasi atas laporan hasil asesmen untuk melihat secara teknis apakah mekanisme sudah sesuai dengan prosedur dan substansi laporan telah memenuhi kaidah – kaidah asesmen. Dilakukan oleh oleh tim ahli yang terdiri dari para examiner senior IQAF berpengalaman.

04Sidang Dewan Judge: yaitu sidang untuk menentukan hasil final yaitu Umpanbalik, Skor dan posisi Band serta yang berhak menerima penghargaan sesuai kriteria. Dewan Judge terdiri para pembina IQAF, tokoh- tokoh praktisi dan akademisi sebagai “Senior Advisor” dan para exminer senior IQAF.

Independensi Asesmen

Untuk menjaga independensi, integritas dan kualitas, maka IQAF menyelenggarakan assessment & awarding dengan mempertimbangkan  hal–hal sebagai berikut:

  • Examiner dalam satu tim dipilih dari latarbelakang yang tidak ada benturan kepentingan baik organisasional maupun profesi termasuk hubungan pribadi dan keluarga dan harus menandatangani pernyataan tidak ada benturan kepentingan.
  • Examiner menjaga kerahasiaan aplikan dimana semua data dan informasi yang diperoleh ketika mengases tidak boleh diungkap sekalipun asesmen sudah berahir (kecuali yang sudah/ setelah dipublikasikan) dan harus mengembalikan semua dokumen dan eviden yang digunakan selama asesmen. Untuk itu examiner harus menandatangani persetujuan “Non disclosure agreement”.
  • Examiner harus memahami dan mengikuti panduan perilaku etis examiner dan menandatangani surat pernyataan terkait.
  • Examiner   harus   yang   sudah  bersertifikat  dari  IQAF.  Sebelum  mengases  mengikuti  penyegaran &  pemantapan  examiner  sebagai  persiapan  dan  sesudah  mengases  mendapat  umpanbalik  atas pelaksanaannya.
  • Penilaian dan pendapat aplikan melalui pengisian Kuesioner oleh aplikan atas pelaksanaan asesmen

Umpan Balik Hasil Asesmen

Umpan Balik hasil asesmen adalah dokumen yang disusun oleh examiner berdasarkan keseluruhan proses assemen yang dilakukan. Wujudnya berupa pernyataan Key Themes yang bersifat strategis dan menyeluruh baik Strength, Opportunity for Improvement   dan Vulnerables (hal – hal yang membahayakan organisasi); pernyataan Strength dan Opportunity for Improvement pada setiap item di kategori Proses dan Hasil; dan Skor per item dan total.

Pernyataan umpan balik ini bila ditindak lanjuti akan menghasilkan perbaikan pada kesisteman organisasi dan memungkinkan perencanaan atau design perbaikan dapat dilakukan secara konseptual, effisien, cepat dan biaya lebih rendah.

Testimoni

logo-iqafIQA has opened up our horizon on quality management and its spirit will always inspire our organization to systematically improve our management, system and operations toward an excellent performance enterprise Malcolm Baldrige will enable us to formulate the foundation in aligning the existing systems and resources within our organization and as such to make comprehensive approach for achieving excellence performance.”

(Sudirman MR, Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor, 2010)

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,