Awarding


 

Setiap tahun sejak tahun 2005 sampai saat ini umumnya dibulan November IQA Foundation melaksanakan malam "Penganugerahan IQA Award" yang secara sukarela mendaftarkan organisasinya  dan menyerahkan Dokumen Aplikasinya  untuk di asses.

Award ini diberikan untuk memberikan penghargaan kepada para peserta atas kemauan dan usahanya dalam meningkatkan kinerja eklselen melalui pengimplementasian suatu sistem kinerja Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence atau MBCfPE.

Dalam acara Penganugerahan ini para peserta akan menerima selain award juga feedback report, score hasil pencapaian kinerjanya.

Peserta Indonesian Quality Award

Organisasi yang mengikuti Indonesian Quality Award dikategorikan berdasarkan bidang kegiatannya yaitu sektor profit/ Bisnis, non profit/ Pemerintahan, Pendidikan, dan Kesehatan, dan berdasarkan ukurannya yaitu besar, menengah dan kecil. Jenis penghargaanpun disesuaikan dengan bidang kegiatan dan ukuran tersebut.

Kecenderungan aplikan untuk turut serta dalam IQA Awarding kini mulai berubah. Pada tahap awal umumnya tujuan peserta/ Aplikan adalah untuk mencari score dan untuk “juara”. Kini, keikut-sertaan adalah bertujuan justru untuk mendapatkan Feedback Report yang akan dipergunakan sebagai dasar perbaikan kinerja organisasi kedepan. Dengan demikian Aplikan akan mampu membuat rencana perbaikan secara akurat, ekonomis dan cepat, tidak dengan cara “trial and error” atau coba-coba yang berpotensi mengalami kegagalan dari kegagalan yang satu ke kegagalan berikutnya yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerugian baik biaya maupun waktu secara percuma apalagi dapat bermuara pada frustrasi. Alasan lain, ikut berpartisipasi dalam IQA Awarding mendapatkan publikasi positif secara gratis, sekaligus mengangkat image positif dari komunitas “Baldridge”, yang mempercayai bahwa mengimplementasikan Kriteria Baldrige berarti siap untuk maju! Siap untuk berkompetisi!

Persyaratan Mengikuti Award

  • Mendaftar dan menyampaikan Dokumen Aplikasi (DA) yang berisi respons atas Kriteria Kinerja Ekselen
    Baldrige 2013-2014.
  • Memenuhi persyaratan admnistrasi yang ditetapkan IQAF.
  • Siap diases secara independen oleh examiner yang ditetapkan IQAF. □

Testimoni

logo-iqaf“Setelah PT Krakatau Steel melakukan Integrasi sistem (SMKS) , selanjutnya kami menerapkan metode Kinerja Ekselen “Malcolm Baldrige” untuk mencapai Bisnis Ekselen dalam mewujudkan VISI perusahaan yaitu menjadikan PT Krakatau Steel sebagai perusahaan Baja terkemuka di dunia."

(Fazwar Bujang, Direktur Utama PT Krakatau Steel, 2010)

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,