Pengharkatan Karyawan dan Mitra

Keberhasilan organisasi sangat bergantung pada peningkatan kerekatan TENAGA KERJA yang bermanfaat dari : arti pekerjaan, kejelasan arah organisasi dan pertanggung-jawaban kinerja serta yang mempunyai rasa aman, penuh kepercayaan, lingkungan kerjasama. Dapat ditambahkan, keberhasilan juga tergantung bagaimana organisasi mengkapitalisasi perbedaan latar belakang, pengetahuan, ketrampilan, kreativitas, dan motivasi TENAGA KERJA dan mitra. Menghargai orang dalam ke- TENAGA KERJAan, berarti memiliki komitmen terhadap kerekatan, kepuasan, perngembangan dan kesejahteraan mereka.

Lebih jauh lagi menghargai orang berati keterlibatannya lebih luwes, praktek bekerja dengan kinerja yang tinggi dikaitkan dengan beragamnaya tempat kerja dan kebutuhan hidup di rumah. Tantangan utama pengharkatan TENAGA KERJA adalah (1) ujud komitmen pimpinan terhadap keberhasilannya, (2) pengakuan di balik sistem kompensasi, (3) pengembangan dan kemajuan di organisasi, (4) berbagi pengetahuan organisasi sehingga bisa memberi pelayanan lebih baik kepada pelanggan dan berkontribusi terhadap tercapainya sasaran strategis organisasi, (5) penciptaan lingkungan yang mendorong berani mengambil risiko dan berinovasi, serta (6) terciptanya lingkungan yang mendukung keberagaman TENAGA KERJA.

Organisasi perlu membangun kemitraan internal dan eksternal dalam upaya mencapai tujuan- sasaran organisasi secara menyeluruh dengan lebih baik lagi. Kemitraan internal dapat berupa jalinan kerjasama TENAGA KERJA- manajemen. Kemitraan inernal juga dapat menyangkut penciptaan hubungan kemitraan diantara unit- unit kerja organisasi atau antara karywan dengan sukarelawan untuk memperbaiki keluwesan, daya respons dan berbagi pengetahuan.

Kemitraan eksternal bisa dijalin melalui hubungan dengan pelanggan, pemasok dan organisasi pendidikan atau masyarakat. Aliansi atau kemitraan strategis (strategic partnership) merupakan jenis kemitraan eksternal yang penting. Melalui kemitraan eksternal ini, dapat masuk kedalam pasar baru, atau dasar untuk menciptakan produk dan jasa pendukung pelanggan yang baru .

Kemitraaan juga dapat memungkinkan mencampurkan kompetensi inti organisasi atau kemempuan kepemimpinan dengan kekuatan komplementer dan kemampuan mitra untuk menjawab isu-isu umum. Kemitraan yang demikian mungkin dapat menjadi sumber keunggulan strategis bagi organisasi.

Keberhasilan membangun kemitraan internal dan eksternal mengembangkan sasaran jangka panjang karena terciptanya suatu dasar untuk investasi bersama dan terhormat. Mitra harus mengacu persyaratan utama keberhasilan dengan komunikasi yang teratur, pendekatan untuk mengevaluasi kemajuan, dan adaptasi terhadap perubahan kondisi. Dalam beberapa kasus kerjasama diItem pendidikan dan pelatihan merupakan metoda efektifitas biaya dalam pengembangan TENAGA KERJA.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,