Manajemen Berdasarkan Fakta

Organisasi bergantung pada pengukuran dan analisis kinerjanya. Pengukuran-pengukuran tersebut selain harus berdasarkan pada kebutuhan dan strategi kegiatan ,juga harus mampu menyediakan data-data dan informasi penting berkenaan dengan proses- proses utama, output dan hasil yang hendak dicapai. Kinerja manajemen sangat dipengaruhi oleh berbagai macam data dan informasi.

Banyak jenis data dan informasi yang diperlukan untuk pengelolaan kinerja. Pengukuran kinerja harus mencakup aspek-aspek seperti : pelanggan, produk, jasa, dan kinerja proses, perbandinganperbandingan operasional, pasar dan kinerja persaingan, pemasok, TENAGA KERJA, mitra, biaya serta hasil dari kinerja keuangan, governance dan hasil kepatuhan / kesesuaian (compliance). Untuk memudahkan dalam melakukan analisis, maka data harus disegmentasi, sebagai contoh : segmentasi terhadap pasar, produk dan kelompok TENAGA KERJA.

Analisis mengacu pada pengolahan data dan informasi yang mengandung arti lebih luas guna menunjang evaluasi, pembuatan keputusan ,perbaikan dan inovasi. Analisis memerlukan penggunaan data untuk menentukan trend/ kecenderungan, proyeksi/perkiraan, serta sebab akibat yang belum dapat dipastikan pengaruhnya. Analisis sangat mendukung bermacammacam tujuan seperti : perencanaan,tinjauan terhadap kinerjasecara menyeluruh,perbaikan operasional, pencapaian manajemen perubahan, dan perbandingan kinerja suatu organisasi dengan pesaing atau dengan ”best practices” benchmark.

Hal utama yang dipertimbangkan dalam peningkatan kinerja dan manajemen perubahan adalah menyangkut pada bagaimana pemilihan dan penggunaan ukuran-ukuran atau indikator kinerjanya. Indikator-indikator yang dipilih harus benar-benar mampu menampilkan/mewakili faktor- faktor yang dapat memperbaiki kinerja pelanggan, operasional, keuangan dan etika. Serangkaian ukuran-ukuran atau indikator-indikator yang berkaitan dengan persyaratan kinerja pelanggan dan organisasi memberikan dasar yang kuat untuk menyelaraskan semua proses agar sesuai dengan tujuan organisasi.

Ukuran-ukuran dan indikator- indikator dapat digunakan untuk menunjang pembuatan keputusan dalam suatu lingkungan perubahan yang cepat. Melalui serangkaian analisis data dari penelusuran proses, indikator dan ukuran itu sendiri perlu dievaluasi untuk bisa membantu organisasi mencapai tujuan yang lebih baik lagi.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,