Tanggung Jawab Kemasyarakatan

Pimpinan organisasi harus menekankan tanggungjawab terhadap masyarakat, perilaku etis dan kebutuhan untuk mempertimbangkan kesejahteraan dan manfaat kemasyarakatan.

Para pemimpin harus menjadi panutan dalam memfokuskan pada etik dan perlindungan kesehatan,keselamatan masyarakat dan lingkungan. Perlindungan kesehatan, keselamatan dan lingkungan termasuk operasi organisasi, sebagaimana siklus hidup produk . Organisasi juga harus menekankan konservasi sumberdaya dan mengurangi limbah dari sumbernya. Perencanaan harus mengantisipasi dampak buruk dari produksi, distribusi, transportasi, penggunaan dan pembuangan produk.

Perencanaan yang efektif harus mencegah munculnya masalah, sekaligus memiliki kesiapan dan kesigapan dalam memecahkan masalah yang timbul, dan selalu siap dengan informasi dan dukungan yang diperlukan untuk memelihara kesadaran, keamanan dan keyakinan masyarakat.

Pada sebagian besar organisasi, tahap rancangan suatu produk adalah titik kritis dari sudut pandang tanggung jawabnya pada masyarakat. Keputusan rancangan berdampak pada proses produksi dan acapkali berisi limbah industri dan limbah kota. Rancangan strategis yang efektif harus mengantisipasi kepedulian dan tanggungjawab terhadap pertumbuhan lingkungan.

Organisasi yang bertanggung jawab tidak semata-mata mentaati dan melaksanakan semua hukum, perundangan dan peraturan lokal yang berlaku saja, namun juga mampu memanfaatkan peraturanperaturan dan hal-hal yang terkait dengannya sebagai suatu peluang untuk perbaikan lebih dari yang seharusnya. Organisai harus menekankan perlaku etis pada semua transaksi dan interaksi dengan stakeholder. Sikap dan tindakan yang menjunjung tinggi etis ini sudah sepantasnya menjadi suatu persyaratan dan diawasi oleh Dewan Komisaris (badan governance) organisasi.

”Kesejahteraan dan manfaat kemasyarakatan”, adalah merujuk kepada kepemimpinan dan memberikan dukungan dalam hal keterbatasan sumberdaya organisasi dan dukungan untuk tujuan penting bersama. Tujuan-tujuan tersebut bisa berupa naiknya tingkat kemajuan di Item pendidikan dan layanan kesehatan yang dapat dinikmati masyarakat, mendorong lingkungan yang ekselen, menjadi panutan untuk isu-isu penting , menjalankan konservasi sumber daya alam, melaksanakan layanan masyarakat, memperbaiki praktek kegiatan dan industri, dan menyebarkan informasi yang berguna bagi khalayak. Kepemimpinan, sebagai panutan organisasi, juga mengajak organisasi lain, swasta dan masyarakat, menggalang kemitraan demi mencapai tujuan bersama ini. Dalam mengelola tanggungjawab kemasyarakatan, menuntut organisasi untuk menggunakan ukuran-ukuran yang tepat dan pimpinan bertanggungjawab terhadap ukuran-ukuran yang telah ditetapkan tersebut.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,