Perspektif Kesisteman

Kriteria Baldrige memberikan suatu sistem Perspective . Sistem ini dibangun untuk mengelola organisasi dan proses-proses utamanya untuk mencapai suatu hasil dan berusaha untuk mencapai kinerja yang ekselen-performance excellence. Tata Nilai inti dan ketujuh Kategori serta Panduan Penilaian membentuk bangunan yang kokoh dan mekanisme terpadu bagi sistem tersebut. Namun keberhasilan suatu organisasi mencapai seluruh tujuannya membutuhkan sintesis, keselarasan dan integrasi. Sintesis berarti memandang organisasi secara keseluruhan dan membangun berdasar pada atribut-atribut kegiatan utama, yang menyangkut: kompetensi inti organisasi, sasaran strategis , perencanaan tindakan dan sistem kerja. Keselarasan berarti menggunakan keterkaitan utama (linkage) antar persyaratan- persyaratan yang terdapat pada kategori kriteria Baldrige untuk memastikan konsistensi dari perencanaan, proses, tolok ukur dan tindakan. Integrasi membangun keselarasan, sehingga komponen-komponen individu pada sistem pengelolaan kinerja organisasi berjalan dengan saling terhubung secara penuh dan memberikan hasil-hasil yang diantisipasi

Konsep-konsep ini digambarkan dalam bingkai kerja Baldrige (ref : diagram System Perspective). Yang termasuk pada Perspektif Kesisteman ini antara lain : fokus pimpinan senior atas tujuantujuan strategis dan para Pelanggan. Hal ini berarti sang pemimpin tadi memonitor, memberi respons, dan mengontrol kinerja atas dasar pencapaian yang diharapkan organisasi. System Perspective juga mencakup penerapan tolok ukur, indikator dan kompetensi inti serta pengetahuan organisasi untuk membangun strategi utama. Ini berarti menghubungkan strategi dengan sistem kerja dan proses-proses utama dan menyelaraskan sumber daya untuk meningkatkan keseluruhan kinerja dan kepuasan para pelanggan.

Dengan demikian, System Perspective adalah cara untuk mengelola seluruh organisasi dengan segenap komponennya guna meraih keberhasilan Daftar pedoman istilah ini mendefinisikan dan menjelaskan secara singkat istilah-istilah yang digunakan di seluruh buku Kriteria yang penting untuk manajemen kinerja. Istilah utama tersebut akan lebih mudah dipahami apabila istilah tersebut disusun dalam panduan. Pada bagian ini, istilah- istilah utama di tulis dengan huruf besar untuk mengetahui bahwa penjelasan lebih banyak tersedia dalam daftar kata.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,