Pengelolaan Inovasi

Inovasi berarti melakukan perubahan yang berarti bagi perbaikan produk, pelayanan, program, proses-proses, operasi dan model kegiatan organisasi untuk menciptakan nilai baru bagi para stakeholder organisasi. Inovasi harus bisa memimpin organisasi ke dalam dimensi kinerja yang baru. Inovasi memerlukan lingkungan yang mendukung proses untuk identifikasi peluang-peluang strategis, dan dorongan untuk kecerdasan risiko.

Inovasi bukan semata-mata tugas departemen penelitian dan pengembangan, lebih dari itu inovasi adalah hal yang sangat penting untuk semua aspek operasi dan semua sistem kerja dan proses kerja.. Organisasi harus dipimpin dan dikelola sehingga kecerdasan pengambilan risiko merupakan bagian dari budaya pembelajaran.

Inovasi harus terintegrasikan dalam kegiatan kerja sehari-hari serta harus ditunjang oleh sistem perbaikan kinerja organisasi. Proses-proses yang sistematik untuk inovasi harus mencapai keseluruh organisasi.

Inovasi dibangun berdasarkan pada pengetahuan dari organisasi dan karyawan yang diakumulasi. Oleh karena itu kemampuan untuk menyebarkan dan mengkapitalisasi pengetahuan ini merupakan hal yang kritis dalam menggerakan inovasi organisasi.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,