Kriteria Baldrige


Perubahan Kriteria Kinerja Ekselen dari 2010 - 2012 ke 2013 - 2014

Kriteria Kinerja Ekselen secara reguler diperbaiki dengan alasan yang masuk diakal : bahwa kriteria merefleksikan awal praktek dari sistem manajemen yang teruji, terminologi yang pertama digagas melalui Panel Dewan Judge MBNQA sejak tahun 1990 an. Kata-kata operative dalam tujuan pernyataan ini adalah leading edge dan validated. Kriteria selalu didasarkan pada contoh role model yang berhasil diimplementasikan oleh pelaku bisnis dan organisasi-organisasi lain.

Mereka adalah praktisi-praktisi yang memimpin pada keberlanjutan dan keberhasilan organisasi dalam persaingan yang menyatu terpadu dalam perspektif kesisteman dan pengelolaan kinerja organisasi.

Perubahan dari tahun ke tahun, Kriteria Baldrige berlangsung secara evolusioner. Namun, sejak dimulainya Program Baldrige lebih 25 tahun yang lalu, perubahannya yang profound sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan yang kian kompleks , teknologi, perilaku pelanggan, ekonomi, harapan TENAGA KERJA, tanggung jawab dan kepedulian terhadap kemasyarakatan.

Perubahan Kriteria dalam 2013-2014 merupakan kelanjutan proses evolusi tetapi dengan strategi fokus yang jauh signifikan bukan sekadar perubahan pengkalimatan

Fokus Strategis ini sangat terkait dengan tiga pertimbangan yang harus berada dipikiran para pemimpin yang komit terhadap generasi berikutnya yaitu : (1) desain dan implementasi sistem kerja yang kompetitif, (2) kultvasi dan pengelolaan inovasi, (3) keahlian dalam menyikapi peluang dan tantangan yang disupport dengan media sosial

Desain dan Implementasi Sistem Kerja. Keputusan sistem kerja adalah strategik. Keputusan yang melindungi kekayaan intelektual dan kompetensi inti dan penentuan apa yang harus dibeli atau diproduksi dari luar agar lebih efisien dan berkelanjutan.

Keputusan sistem kerja anda sangat berpengaruh terhadap desain, struktur produktivitas dan viabilitas. Keputusan ini semua merupakamn tanggung jawab pemimpin senior dan sangat inti dalam pembangunan strategi. Tahun 2013 dipadukan informasi dan keputusan proses dan sistem kerja dalam kategori perencanaan strategis kultvasi dan pengelolaan inovasi. Suatu area yang dimajukan dari potensi keunggulan strategis ke keberlanjutan yang imperatif, adalah inovasi dan pengelolaan inovasi.

Inovasi didefinisikan membuat perubahan yang berarti untuk memperbaiki produk, proses- proses,atau keefektifan perusahaan dan untuk penciptaan nilai baru bagi stakeholders. Inovasi mencakup adopsi ide, proses, teknologi, produk atau model kegiatan yang baru atau baru diusulkan.

Kesuksesan inovasi perusahaan merupakan proses yang melalui banyak tahapan yang meliputi pengembangan dan knowledge sharing (berbagi pengetahuan), keputusan untuk menerapkan, penerapan, evaluasi dan pembelajaran.

Walaupun inovasi sering diasosiasikan sebagai inovasi yang bersifat teknologi, sesungguhnya dapat diterapkan pada semua proses utama perusahaan yang akan memberikan manfaat dengan adanya perubahan, baik itu melalui loncatan perbaikan atau perubahan dalam pendekatan atau hasil akhir. Inovasi dapat menyangkut perubahan mendasar dalam struktur perusahaan atau model kegiatan agar pencapaian

Penguatan peran media sosial. Peran media sosial telah mersmbah kemana-mana: untuk membangun hubungan dengan pelanggan, sarana komunikasi pimpinan dengan TENAGA KERJA, mekanisme komunikasi dengan mitra dan pemasok, pengumpulan data dan informasi untuk penelitian.

Semakin erat penggunaan sosial media dalam proses risiko organisasi, proses mitigasi, sangat masuk akal sebagai nilai organisasi sebagai panduan. Tahun 2013-2014 dipadukan penggunaan sosial media dalam pemenuhan 4 peran di atas

 

Untuk Keterangan lebih lanjut mengenai buku kriteria hubungi:

Sekretariat IQA Foundation

Gedung R1, Lt 2 Pertamina Learning Center - Jl Sinabung II, Terusan Simprug, Jakarta Selatan

Telp: 021 - 7264280, 7264135

Fax: 021 - 726 3102

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : www.iqaf.org

Surat Konfirmasi hak penerjemahan dari Balridge Performance Excellence Program / National Institute of Standart and technology / Department of Commerce

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,