Kepemimpinan

Kategori Kepemimpinan menanyakan BAGAIMANA para PEMIMPIN SENIOR memandu dan mengupayakan keberlanjutan organisasi. Kategori ini juga menanyakan Sistem TATAKELOLA anda; BAGAIMANA anda memenuhi tanggung jawab terhadap hukum, etika, dan tanggungjawan sosietal, dan BAGAIMANA mendukung komunitasnya.

Kepemimpinan harus mempromosikan nilai nilai dan budaya perusahaan, menetapkan kinerja yang diharapkan, dan mempromosikan apa dan dimana titik fokus-nya perusahaan secara luas kepada para Stakeholders, Pelanggan,  Tenaga Kerja dan untuk Pemberdayaan/Penguatan, Pembelajaran dan Innovasi.

  • Kategori Kepemimpinan menelusuri  bagaimana aksi atau tindakan pribadi para pemimimpin senior dalam mendukung dan menunjang  pengembangan   organisasi, misalnya menciptakan aksi-aksi  dan menelusuri bagaimana cara pemimpin bertindak apakah selaras dengan aksi-aksi yang mereka ciptakan tersebut; menetapkan dan menjelaskan secara jernih tentang "tujuan, visi dan budaya perusahaan  dan menjelaskan tentang apa dan bagaimana  kinerja perusahaan yang  diharapkan oleh masyarakat umum secara luas atas keberadaan perusahaan atau yang dihasilkan oleh perusahaan.
  •  Kategori ini juga menelusuri tentang bagaimana usaha dan keterlibatannya  para pemimin senior dalam  meningkatkan keahlian kepemimpinan ; partisipasi dalam pembelajaran dan mengembangkan calon pemimpin masa datang.; mengukur kinerja perusahaan.
  •  Kategori Kepemimpinan  juga menelusuri pada bagaimana  tentang keefektifan-nya dalam penyelenggaraan keorganisasian di Perusahaan; apakah sesuai dengan masalah Legal, etika/etis dan menulusuri tentang  tanggung jawab dan bantuan  kepada masyarakat utama-nya. -

1.1 Kepemimpinan Senior: Bagaimana para Pemimpin Senior memimpin?

Uraikan BAGAIMANA tindakan pribadi PARA PEMIMPIN SENIOR memandu dan membuat keberlanjutan organisasi anda. Uraikan bagaimana PARA PEMIMPIN SENIOR menciptakan lingkungan untuk KEREKATAN PELANGGAN, INOVASI dan KINERJA TINGGI. Uraikan bagaimana para PEMIMPIN SENIOR berkomunikasi dengan KARYAWAN DAN PELANGGAN Utama.

Dalam respons anda, masukkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan berikut:

a. Visi, Tata Nilai dan Misi

(1) VISI DAN TATA NILAI Bagaimana para pemimpin senior menetapkan VISI dan TATA NILAI organisasi anda? Bagaimana para pemimpin senior menjabarkan visi dan tata nilai organisasi melalui SISTEM KEPEMIMPINAN kepada seluruh TENAGA KERJA, kepada pemasok dan MITRA utama, dan kepada PELANGGAN dan STAKEHOLDERS utama lainnya?. BAGAIMANA tindakan para pemimpin senior merefleksikan suatu komitmen pada TATA NILAI?

(2) Mempromosikan Hukum dan Perilaku Etis. BAGAIMANA tindakan para PEMIMPIN SENIOR menunjukkan komitmen mereka pada hukum dan perilaku etis?. Bagaimana mereka mempromosikan lingkungan organisasi yang memerlukan ketaatan pada hukum dan perilaku ETIS tersebut?

(3) Menciptakan Keberlanjutan Organisasi. BAGAIMANA para PEMIMPIN SENIOR menciptakan suatu organisasinyaBERKELANJUTAN?. BAGAIMANA mereka:

  • menciptakan lingkungan untuk pencapaian MISI, perbaikan kinerja organisasional, kepemimpina kinerja, dan pembelajaran organisasional dan personal;
  • menciptakan budaya tenagakerja yang memberikan pengalaman positif yang konsisten bagi pelanggan dan memperkuat kerekatan pelanggan;
  • menciptakan lingkungan untuk INOVASI, dan PENGAMBILAN RESIKO yang CERDAS, mencapai sasaran strategis, dan kelincahan organisasi, dan,
  • berpartisipasi dalam perencanaan suksesi dan pengembangan para pemimpin organisasi ke depan?

b. Komunikasi dan Kinerja Organisasional

(1) Komunikasi BAGAIMANA para PEMIMPIN SENIOR berkomunikasi dengan dan merekat seluruh jajaran tenagakerja dan pelanggan?. Bagaimana mereka mendorong komunikasi yang jujur, dua arah, termasuk penggunaan media sosial yang efektif?, Bagaimana mereka mengkomunikasikan keputusan penting? Bagaimana mereka berperan aktif dalam memotivasi tenagakerja, termasuk berpartisipasi dalam program pemberian penghargaan dan pengakuan, untuk memperkuat KINERJA TINGGI dan fokus kepada PELANGGAN dan bisnis?

(2) Fokus pada Tindakan Bagaimana para pemimpin senior menciptakan suatu fokus pada tindakan untuk mencapai sasaran organisasi, memperbaiki KINERJA, memampukan INOVASI dan KECERDASAN MENGAMBIL RISIKO, serta mencapai VISI? Bagaimana Para pimpinan Senior mengidentifikasi tindakan yang diperlukan?. Dalam penentuan harapan pada kinerja organisasional, bagaimana para pemimpin senior memasukkan suatu fokus pada penciptaan dan penyeimbangan NILAI BAGI PELANGGAN dan STAKEHOLDERS lainnya?

1.2 Tata Kelola dan Tanggung jawab Sosietal: Bagaimana anda mengelola dan memenuhi tanggung-jawab Sosietal anda?


Uraikan cara/ pendekatan organisasi anda memenuhi TATA KELOLA yang bertanggungjawab dan perbaikan kepemimpinan. Uraikan BAGAIMANA anda memastikan hukum dan perilaku etis, memenuhi tanggung jawab sosietal dan mendukung komunitas utama anda.

Dalam respons anda, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini

a. Tata Kelola (Governance) Organisasional.

(1) Sistem Tata Kelola BAGAIMANA organisasi anda mereview dan mencapai aspek utama sistem TATAKELOLA
berikut ini:

  • Akuntabilitas tindakan-tindakan manajemen
  • Akuntabilitas fiskal
  • Transparansi dalam operasi, pemilihan direksi dan komisaris dan kebijakan penyingkapan keterangan (disclosure) para anggota tersebut sesuai keperluannya.
  • Independensi dan efektifitas audit internal dan eksternal
  • Perlindungan atas kepentingan STAKEHOLDER dan Pemegang saham.
  • Perencanaan suksesi/ ”Succession Planning” untuk para Pemimpon Senior.

(2) Evaluasi Kinerja BAGAIMANA anda mengevaluasi kinerja para pemimpin senior termasuk Direktur Utama? BAGAIMANA anda menggunakan hasil evaluasi kinerja tersebut untuk menentukan kompensasi eksekutif ? BAGAIMANA anda mengevaluasi kinerja Dewan Komisaris? BAGAIMANA para pemimpin senior, anggota direksi dan komisaris menggunakan hasil evaluasi kinerja tersebut untuk meningkatkan pengembangan dan memperbaiki baik efektifitas mereka sebagai pemimpin, maupun sistem kepemimpinan organisasi?.

b. Hukum dan Perilaku Etis

(1) Perilaku Hukum dan Peraturan. BAGAIMANA organisasi anda memperhitungkan dampak buruk produk dan operasi anda terhadap masyarakat?. BAGAIMANA organisasi anda mengantisipasi keprihatinan publik terhadap produk dan operasi saat ini dan produk dan operasi masa mendatang?. BAGAIMANA organisasi secara proaktif siap atas dampak dan keprihatinan publik tersebut, termasuk pengkonsevasian sumber daya alam dan penggunaan secara efektif PROSES ”supply chain management”?. Apa PROSES, UKURAN dan TUJUAN utama kepatuhan anda untuk mencapai dan melampaui persyaratan regulasi dan hukum?. Apa PROSES, UKURAN dan TUJUAN utama anda untuk menyikapi risiko yang berkaitan dengan produk dan operasi?

(2) Perilaku Etis BAGAIMANA organisasi anda mempromosikan dan memastikan PERILAKU ETIS dalam seluruh interaksi?. Apa PROSES dan UKURAN atau INDIKATOR utama untuk pembentukan dan pemantauan PERILAKU ETIS dalam struktur TATAKELOLA, di seluruh organisasi, serta dalam interaksi dengan TENAGAKERJA, PELANGGAN, MITRA, PEMASOK dan STAKEHOLDERS lainnya?. BAGAIMANA organisasi memonitor dan merespons pelanggaran PERILAKU ETIS?

c. Tanggungjawab Sosietal dan Dukungan kepada Komunitas

(1) Kesejahteraan Sosietal BAGAIMANA anda mempertimbangkan kesejahteraan sosietal dan pemberian manfaat bagi masyarakat sebagai bagian dari strategi dan operasi harian?. BAGAIMANA anda berkontribusi kepada kesejahteraan lingkungan hidup, sosial dan sistem ekonomi?

(2) Dukungan Komunitas BAGAIMANA organisasi secara aktif mendukung dan memperkuat komunitas utama anda? Siapa saja komunitas utama anda? BAGAIMANA organisasi mengidentifikasi komunitas utama ini dan menentukan bidang-bidang dimana organisasi akan terlibat, termasuk bidang yang berpengaruh pada kompetensi inti anda? BAGAIMANA PARA PEMIMPIN SENIOR secara bersama-sama dengan karyawan berkontribusi untuk perbaikan komunitas ini?

Catatan

1.1 Hasil-hasil kinerja Organisasi anda harus dilaporkan di item 7.1 - 7.5

1.1a(1) Visi organisasi harus menjadi konteks dari SASARAN STRATEGIS dan RENCANA KERJA yang anda uraikan di item 2.1 dan 2.2

1.1a(3) Satu organisasi yang berkelanjutan mampu menjawab kebutuhan bisnis saat ini dan melalui kegesitan dan manajemen strategis mampu dan berhasil
mempersiapkan bisnis, pasar dan lingkungan operasi di masa depan. Baik faktor internal maupun eksternal harus dipertimbangkan. Dalam konteks keberlanjutan, konsep inovasi dan kecerdasan mengambil risiko mencakup baik teknologi maupun inovasi organisasional untuk membantu keberhasilan organisasi ke depan. Organisasi yang berkelanjutan juga mampu memastikan lingkungan yang menjamin keselamatan dan keamanan untuk para TENAGA KERJA dan stakeholder. Organisasi yang berkelanjutan mampu memperhitungkan risiko dan peluang yang timbul dari pertimbangan lingkungan hidup dan perubahan iklim.

1.1a(3) Kontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan hidup, sosial, dan sistem ekonomi di balik kepentingan TENAGA KERJA dan stakeholder dipertimbangkan
 tanggungjawab sosietal organisasi. (item 1.2)

1.1b(1) Penggunaan media sosial dapat termasuk untuk penyampaian pesan ke internal dan eksternal website, twitter, blogger, forum elektronik TENAGA KERJA dan pelanggan, seperti layaknya melakukan pemantauan website dan blog-blog dan respon jika diperlukan

1.1.b(1) Bagi organisasi non profit yang betumpu pada para relawan untuk melalkukan pekerjaan mereka, respons anda harus mencakup komunikasi dan perekatan mereka

1.2b(2) Fokus pada tindakan Pemimpin senior mempertimbangkan strategi, TENAGA KERJA, sistem kerja dan aset organisasi anda. Hal tersebut termasuk kecerdasan dalam memperhitungkan risiko, inovasi dan perbaikan produktivitas yang didapat dari hasil eliminasi pemborosan atau reduksi siklus waktu, dan dampak dari penggunaan teknik- teknik seperti PDCA, Six Sigma dan Lean. Termasuk juga di dalamnya tindakan-tindakan untuk mencapai SASARAN STRATEGIS organisasi (2.2a(1)

1.2 Tanggung jawab sosietal yang kritikal bagi kesuksesan organisasi harus ditunjukkan di pengembangan Strategi (Item 2.1) dan Fokus Operasi (Kategori 6). Hasil harus dilaporkan sebagai Hasil Kepemimpinan dan Tata Kelola (7.4) Contoh-contoh hasil yang terkait dengan pemenuhan persyaratan regulasi dan hukum (termasuk hasil audit finansial yang diwajibkan); reduksi atas dampak lingkungan melalui penggunaan teknologi penghijauan, aktivitas-aktivitas konservasi, penurunan carbon, atau cara lain; atau perbaikan atas dampak social seperti yang diparaktekkan secara global 1.2 Kesehatan dan keselamatan TENAGA KERJA tidak dijawab dalam item ini, tetapi anda harus jawab di faktorfaktor di item 5.1 dam 6.2

1.2a(1) Transparansi operasi dari sistim Tata kelola harus mencakup pengendalian internal atas proses-proses governance. Untuk organisasi yang berlaku sebagai pelayan publik, pengelolaan dana dan transparansi operasi merupakan bidang yang harusdiutamakan. Untuk organisasi nirlaba, dewan penasehat eksternal dapat menyediakan sebagian atau keseluruhan fungsi – fungsi dewan governance

1.2a(2) Evaluasi Kinerja Kepemimpinan dapat difasilitasi dengan penilaian sejawat, penilaian kinerja manajemen secara formal, umpan balik dan survey dari TENAGA KERJA atau stakeholder lain Bagi beberapa organisasi privat yang menjalankan bisnis dan organisasi non profit dan pemerintahan, mungkin evaluasi kinerja Para Pemimpin senior dan badan tata kelola dilakukan oleh dewan pengawas terkait.

1.2b(1) Organisasi non profit harus melaporkan pemenuhan persyaratan hukum dan regulasi serta standard yang digunakan untuk mendapatkan tambahan kenaikan pendanaan dan dana-dana untuk aktivitas lobby

1.2b(2) Ukuran atau indikator perilaku etis bisa termasuk: persentase anggota Dewan Komisaris independen, ukuran hubungan konstituen stockholder dan non stockholder misalnya pemenuhan dan respon-respon terhadap kode etik, survey, penggunaan hotline etika, dan HASIL tinjauan dan audit etika. Bisa juga termasuk pembuktian kebijakan, pelatihan karyawan, dan sistem monitoring dijalankan dengan memperhatikan tentang konflik kepentingan dan kesesuaian penggunaan dana

1.2c Item kontribusi kemasyarakatan dan dukungan komunitas bisa termasuk upaya untuk memperbaiki lingkungan hidup (misalnya kolaborasi untuk perlindungan dan pelestarian lingkungan atau sumber day alam); upaya untuk memperkuat pelayanan kepada masyarakat setempat, pendidikan dan kesehatannya; dan memperbaiki praktik perdagangan, bisnis, atau asosiasi profesional

1.2c Pada beberapan organisasi amal, kontribusi sosial dan dukungan pada komunitas utama bisa terjadi semuanya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang terkait sesuai dengan missi organisasi. Dalam beberapa hal, dilakukan dengan “upaya extra” yang dicurahkan untuk mendukung komunitas ini.

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,