Binus University Kembali Mendapatkan Indonesian Quality Award 2014

Langkah dalam memasuki kawasan bebas perdagangan dikalangan negara ASEAN, bukanlah lagi suatu wacana yang sedang panas diperbincangkan dikalangan publik. Namun, kawasan bebas perdagangan dimana tidak ada hambatan tarif (bea masuk 0-5%) maupun hambatan non tarif sudah tinggal selangkah lagi dan dapat dihitung dengan rentang waktu 30 hari kedepan.

Pada tanggal 1 Januari 2015, negara – nagara yang tergabung dalam organisasi tingkat Asia Tenggara yaitu ASEAN, akan memasuki tahap implementasi ASEAN Free Trade Area (AFTA), dimana negara anggota ASEAN bebas melakukan perdagangan tanpa dikenakan persyaratan berbayar maupun persyaratan tidak berbayar. Kerjasama dalam bidang ekonomi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan daya saing ditengah ketegangan persaingan perekonomian pasar bebas. Meningkatkan kinerja perusahaan merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan dalam bersaing dalam pasar bebas tersebut. Penerapan kinerja berbasis Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) yang keluarkan oleh Baldridge Performance Excellence Program cukup membantu bagi setiap perusahaan dalam menilai kinerja perusahaan sehingga memacu perusahaan dalam berinovasi, memperbaiki proses management kea rah yang lebih efisien dan efektif hingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan memiliki keunggulan yang berbeda.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap prestasi kinerja perusahaan yang terus mengalami peningkatan yang cukup baik, Indonesia Quality Award Foundation (IQAF) memberikan suatu penghargaan kepada perusahaan profit dan non profit, yang terangkum dalam acara Indonesian Quality Award 2014 pada Senin (17/11) di Hotel Mulia, Senayan.

Sebanyak 15 perusahaan yang terbagi menjadi kategori perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis, pendidikan, organisasi kategori menengah, serta organisasi kategori besar. BINUS UNIVERSITY merupakan satu – satunya organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan yang mengikuti kegiatan penganugerahan ini. Tujuan BINUS UNIVERSITY mengikuti kegiatan ini tidak hanya sekedar mendapatkan pengakuan dan piala penghargaan saja, namun tujuan inti BINUS UNIVERSITY mengikuti kegiatan in adalah sebagai tolak ukur penerapan kinerja berbasis Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) dalam menjalankan roda kinerja organisasi di tengah lingkungan masyarakat.

Selama hampir 4 tahun BINUS UNIVERSITY mengikuti kegiatan ini sejak tahun 2011, BINUS UNIVERSITY terus berupaya meningkatkan kinerja organisasinya kearah yang lebih baik dengan perbaikan disegala aspek kinerja organisasi termasuk Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai bukti hasil kerja keras BINUS UNIVERSITY dalam menerapkan kinerja berbasis Malcolm Baldridge tersebut, maka BINUS UNIVERSITY kembali meraih dua penghargaan yaitu, “Band of Performance Excellence Achievement”  untuk organisasi kategori kelas menengah dengan predikat sebagai “Good Performance” dan mendapatkan penghargaan “Bronze Award” untuk organisasi Kategori Menengah dalam Nominasi “Performance Excellence Score Growth Achievement”.

Kembalinya BINUS UNIVERSITY meraih kedua penghargaan tersebut, tidak semata karena kuat dan gagahnya organisasi ini di dalam lingkungan masyarakat. Tetapi sebagai bentuk tanggung jawab yang secara terus – menerus diperbaiki dan di tingkatkan lagi kualitas kinerja organisasi agar lebih memberikan dampak tidak hanya dampak bersifat internal, namun juga berdampak bersifat eksternal yaitu kepada masyarakat. (JR)

Note : Sumber di copy dari web Universitas Bina Nusantara. fts

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,