Membangun Kinerja Ekselen secara Bijaksana dan Effisien melalui IQA Award

 

Membangun kinerja ekselen, perrsoalannya,  adalah terletak pada niat atau kemauan saja. Adapun hal yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan DA atau Dokumen Aplikasi saja, dan ikut dalam   Ajang Awarding Indonesian Quality Award . Kenapa ikut dalam ajang Indonesia Quality Award? karena ada banyak kelebihan dan manfaat dari pada melalakukan "self assement". 

 

Berikut Inii dua pertanyaan  untuk Anda pertimbangkan mengapa  Anda ikut dalam Ajang Indonesia Quality Award  :

1. Apakah Anda ingin melakukan penyelarasan sistem kerja organisasi dan Sumber  Daya Manusia (SDM) untuk mencapai Visi Misi dan tujuan perusahaan?

2. Apakah Anda ingin membawa perusahaan tidak hanya baik tapi ekselen, sehingga sanggup bersaing dan menjadi perusahaan berkelas dunia?

Bila jawabannya "YA" maka langsung aja tulis/susun Dokumen Aplikasi dan ikut ajang IQA Award.

 

Hasil dari IQA Award Anda akan mendapat Score yang gunanya untuk mengetahui posisi perusahaan  dalam tingkat dunia dan  Feedback Report.

Feedback Report  adalah dokumen hasil assement yang isinya  itu  terdiri dari :

  1. Key Factors rincian hal-hal pentingyang diungkap secara sistimatis dan dan ringkas.
  2. Key Themes yaitu tema-tema besar yang perlu dijadikan fokus perhatian.

 a.The most important strength,

 b. The most significant OFI dan

c. Results.

  1.  Criterical Respond berupa highlight dari hasil assesmnet secara rinci disetiap kategori pada ke 7 kategori isinya adalah pernyataan Strength dan OFI detail per kategori.

 

Gunanya  Feedback Report ini adalah antara lain :

1. Digunakan oleh  para pimpinan perusahaan untuk dapat  melihat  gambaran bagaimana situasi dan kualitas proses-proses yang sedang berjalan dengan  lebih  detail, transparan.

2. Sebagai acuan penting dalam  membuat atau menentukan strategi perbaikan kinerja kedepan ataupun  membuat kebijakan yang akuntabel  didukung oleh data informasi dan hasil analisa yang dalam dan akurat.  Tanpa ini maka akan sulit bagi para pemimpin menentukan dari titik mana perbaikan akan dimulai. 

3. Sebagai pegangan para Pimpinan perusahaan (holding) dalam mengawasi/ monitoring kegiatan  Anak-Anak perusahaan  atau unit- unit usaha yang berada dalam tanggung jawab induk perusahaan tanpa harus membuang waktu untuk rapat-rapat  dan kunjungan. Dengan demikian kerja para pimpinan menjadi lebih ringan dan  hemat waktu , sehingga  dapat mengerjakan  untuk hal-hal lain bagi pengembangan perusahaan atau lainnya sehingga perusahaan akan  terus tumbuh berkembang dan leading di industrinya (Fazwar Bujang mantan Dirut PT Krakatau Steel dalam acara Sharing on Excellence IQAF).

Biaya dan kualitas assesment

"Di Amerika menggunakan jasa konsultan biayanya bisa puluhan ribu dollar.Selain hasilnya tidak se komprehensif bila dilakukan dengan melalui assesment menggunakan cara dan kriteria "Baldridge".   Biasanya  team konsultan akan lebih kecil sedikit dibanding team assesment Malcolm Baldridge National Quality Award MBNQA"; ( Herry Hertz dari artikel Blogrige NIST).

Assesment dilakukan dalam ajang  IQA Award dilakukan oleh  lima examiner dan divalidasi oleh team teknis untuk kemudian  di presentasikan kepada dewan judge sebelum di dijadikan dokumen final. Paling tidak 200 jam tinjaun kerja review dan analisis sewaktu on desk dan lebih dari 200 jam tinjauan kerja sewaktu site visit oleh 5 examiner IQAF dan evalaluasi dari team teknis untuk menghasilkan Dokumen Feedback Report.  Di Amerika dilakukan dengan 6 Examiner dan waktu lebih dari 300 jam tinjauan kerja on desk assesment dan lebih sewaktu site visit.untuk menghasilkan Feedback Report.

Seluruh hasil  assesment oleh team examiner diserahkan  kepada team teknis   untuk sekali lagi direview dan divalidasi dan dipresentasikan dalam Sidang Dewan Judge untuk mendapatkan persetujuan akhir dan hasilnya akan diserahkan  kepada Aplikan/ Peserta  dalam bentuk  Dokumen Feedback Report di acara Penganugerahan IQA Award..

Tahapan ini dilakukan demi menjaga kualitas dan kredibiltas IQAF sebagai institusi penilaian yang mendapatkan pengakuan dari Malcolm Baldridge Quality Award NIST USA untuk menggunakan kriteria " Baldridge Excellence Framework " sebagai  dasar penilaian dalam memberikan Penganugerahan kepada Peserta /Aplikan Indonesian Quality Award.

Sampai saat ini   Feedback Report dan OFI-OFI hasil assement oleh IQA Foundation  terus dijadikan oleh banyak Aplikan untuk  rujukan penting dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja ekselen organisasi, seperti diperlihatkan dalam  testimoni-testimoni video dari PT PJB PT Semen Padang Universitas Bina Nusantara dalam acara Penganugerahan IQA Award 2015.

Adapun manfaat positif lainnya yang didapat oleh peserta IQA Award adalah Image positif dan sekaligus menunjukan bentuk  pertanggung jawaban para pimpinan perusahaan/organisasi  kepada para pemegang saham dan stake holder bahwa pengelolaan perusahaan dilakukan dengan transparan dan mengadopsi suatu sistem penilaian manajemen yang berkelas dunia. Ini dilaksanakan dengan tujuan  menghasilkan kualitas dan  produktifitas optimum dengan demikian  siap untuk memenangkan kompetisi di pasar global dan di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Jadi bagi yang belum mengimplementasikan Kerangka Kinerja Ekselen Baldridge ini tunggu apa lagi ?? Nyebur aja, ikut IQA Award !! Menunda "Nyebur" sama juga menunda perbaikan kinerja dengan cara effisien.!!. Sayangkan ?! Selamat Tahun Baru 2016 . Selamat datang era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN.-

sumber : IQA Foundation dan Blogrige nist.

jakarta desember 2015  fts.

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,