Perbaikan kinerja ekselen dengan "Baldridge Excellence Framework" (BEF)

Banyak hal perbaikan dan perubahan kinerja organisasi / perusahaan dicapai, sejak meng- implementasikan kerangka Kerja Ekselen Baldridge. Feedback  hasil assesmen dari ajang Indonesian Quality Award. Feedback dijadikan  andalan  atau petunjuk dalam menyusun tindakan perbaikan kinerja organisasi di perusahaan.

"Percepatan peningkatan kualitas kualitas proses dan manajemen terjadi melalui mekanisme sistem yang transparan, sehingga  dapat dicermati setiap jajaran. Budaya kerja negatif terhapus dengan sendirinya. Suasana bekerja  menjadi sehat dan nyaman dan kondusif.

 Perbaikan kinerja merujuk  pada pernyataan OFI-OFI dalam Feedback, baik itu  Proses-Proses dan Hasil  dapat diwujudkan  dengan  sangat terarah dan terkendali,  baik dari segi waktu dan cost, Sangat effisien", Demikian sebagian rangkuman  dari kata pengantar Dokumen Aplikasi  para TOP Eksekutif Perusahaan  yang ikut serta  dalam ajang IQA award ke 10 dibulan   November 2015 di Jakarta.

 Kriteria Baldridge tersusun liwat proses dan perdebatan yang panjang. dengan melibatkan para pimpinan-pimpinan perusahaan Raksasa , Pakar dan Akedimisi dari Perguran Tinggi, para Politisi dan Burokrakrat dan setiap 2 tahun sekali Kriteria di evaluasi dan perbaikan oleh BNQP NIST USA.

 Dengan alasan tersebut IQA Foundation  sejak  tahun 2005 sampai saat ini konsistent  menerapkan kriteria sama seperti  yang "asli" yang ada dalam buku yang dikeluarkan oleh Baldridge Performance Excellence Program  (BPEP) NIST USA. Dengan demikian  hasil assesment dan penilaian oleh IQA Foundation hasilnya akan sama dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan assesmen  yang dilaksanakan oleh MBNQA NIST USA.terhadap perusahaan - perusahaan atau organisasi  di Amerika yang  mengikuti Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA).

 "Yang menjadi tantangan justru adalah bagaimana IQA Foundation sebagai satu-satu-nya institusi yang credible melaksanakan assemen dengan menggunakan kreteria "Baldridge Excellence Framework"  bisa terus menerus membina dan meningkatkan kualitas para senior examiner-nya.

Banyak nya aplikan yang sudah mempunyai nilai 500 keatas  menuntut para Examiner agar meningkatan dan memperkaya  wawasan wawasan dan pemahaman tentang kualitas -kualitas  ke ekselenan yang terjadi padaorganisassi/perusahaan kelas Dunia! Dan itu tentu mudah! perlu usaha lebih dan  kerja lebih !

 Tahun 2005 sampai saat ini IQA Foundation  konsistent  menerapkan kriteria yang  sama seperti  yang "asli" yang dikeluarkan oleh Baldridge Development  National Program NIST USA. Dengan demikian hasil assesment dan penilaian oleh IQA Foundation terhadap Aplikan yang di asses baik itu untuk digunakan sebagai Self Assesmen atau untuk ikut dalam ajang Indonesian Quality Award hasilnya akan sama dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan assesmen  yang dilaksanakan oleh MBNQA NIST USA.terhadap perusahaan - perusahaan atau organisasi  di Amerika yang  mengikuti Malcolm Baldridge National Quality Award!

Sehingga salah satu tujuan Aplikan untuk mengetahui posisi  daya saingnya di tingkat dunia dengan membandingkan score atau level Baldridge nya dapat dijawab.  Organisasi/Perusahaan pun  dapat merancang target-target dan waktu  kapan akan dicapai! 

gambar : Sugiharto Penasehat IQA Foundation

 jakarta Oktober 15. fts

 

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,