Publik Training Pendalaman Baldrige Excellence Framework

Bandung, IQAF.ORG -

Pada tanggal 9 s/d11 Maret 2015 IQA Foundation telah mengadakan publik training “Pendalaman Baldrige Excellence Framework“ yang diselenggarakan di Hotel Aston Bandung. Training diikuti oleh beberapa organisasi baik profit maupun non-profit yang bergerak dibidang jasa perbankan, jasa pengelolaan bandara, jasa asuransi bidang kesehatan, jasa reasuransi, sektor Perkebunan, sektor Industri Pupuk dan organisasi non profit dibidang jasa pendidikan.

 


Training Pendalaman Interpretasi Baldrige di Bandung 9-11 Maret 2015B
eberapa peserta sudah pernah mengikuti pelatihan pendalaman Baldrige bahkan ada yang sudah bepengalaman sebagai examiner maupun evaluator manaje
men kinerja lainnya dengan tujuan untuk mengetahui perubahan Kriteria Baldrige 2013-2014 menjadi Baldrige Excellence Framework 2015-2016.

Seperti diketahui Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence merupakan Sistem Manajemen Mutu Terpadu yang  berstandar Internasional yang mampu memandu pimpinan organisasi meningkatkan kinerja dan daya saing organisasi. Sistem ini di evaluasi secara terus menerus oleh National Institute Standar & Technology ( NIST) USA, namun perbaikan dilaksanakan  setiap dua tahun sekali dengan mempertimbangkan perubahan lingkungan dan perubahan pada pola bisnis itu sendiri akibat persangan yang sangat ketat..

Perubahan dilakukan 2 tahun selain untuk memastikan bahwa hal-hal yang berubah itu sudah lewat kajian dan sudah melewati fase pembuktian.  .Berbeda dengan sistem atau metode yang lain baru berubah  yang  kadang lima tahun bahkan lebih baru diadakan perbaikan. Dengan perbaikan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali memastikan  Baldridge Kriteria  menjadi sistem management yang selalu terdepan dalam merespon terhadap standard kebutuhan pelanggan/ masyarakat terus menerus meningkat , berubah  begitu cepat dan dinamis di dunia yang juga semakin tinggi tingkat persaingannnya.

Kriteria Kinerja Ekselen (Baldridge Excellence Framework) merupakan alat yang ampuh untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja organisasi secara cepat effisien. Khusus dalam memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka peningkatan perbaikan kinerja organisasi menjadi sangat prioritas dan mendesak. Karenanya IQA Foundation sebagai satu satunya organisasi yang mempunyai lisensi dari NIST USA di Indonesia berkewajiban untuk mensosialisaikan menyebarkan buku Kriteria Baldrige versi terbaru (2015-2016) secara lebih intensif. Karena semakin cepat dan semakin banyak perusahaan di Indonesia menjadi ekselen maka akan semakin cepat negara dan bangsa ini menjadi negara yang mempunyai daya saing tinggi.

Dalam training ini disampaikan perubahan Kriteria Baldrige dan latar belakangnya, perubahan core values, penjelasan kriteria dan implementasinya serta tatacara penilaian (scoring guide line). Materi training disampaikan oleh tenaga ahli/expert  antara lain I Nengah Winartha dan Sdr Ir Priyadi, MBA yang sangat berpengalaman mempraktekan Kriteria Baldrige dan telah mendapat pelatihan dari NIST-USA.

Mengingat masih banyaknya permintaan dari beberapa perusahaan yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan ini maka IQA Foundation berencana mengadakan training “Pendalaman Baldrige Excellence Framework“ tahap II pada tanggal 20 s/d 22 April 2015 di Hotel Aston Bandung. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan organisasi/perusahaan di Indonesia secara bersama-sama mampu menghadapi persaingan khususnya dilkawasan ASEAN.


(@Priyadi- Pengurus IQAF)

 

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,