Semen Padang Raih Emerging Industry Leader IQA 2014

PADANG, 19 NOVEMBER 2014 : PT Semen Padang terus meningkatkan prestasi yang membanggakan di level nasional. Setelah sukses meraih Good Performance pada ajang Indonesian Quality Award (IQA) Tahun 2012 dan 2013. Pada tahun ini, PT Semen Padang naik peringkat ke level Emerging Industry Leader dan mendapat penghargaan Gold untuk kenaikan skor tertinggi.

Penghargaan diterima Direktur Komersial PT Semen Padang, Pudjo Suseno didampingi Kepala Departemen GRC/MR, Firdaus dan Kepala Biro Pengembangan Sistem Manajemen, Zulkarnaen pada malam penganugerahan IQA 2014 di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Senin (17/11/2014).

IQA adalah penghargaan pencapaian kinerja ekselen organisasi yang diukur berdasarkan hasil assessment menurut kriteria Malcolm Baldrige,  yang terdiri dari tujuh kategori, yakni Leadership,  Strategic Planning , Customer and Market Focus, Measurement & Analysis, and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management, dan  Business Outcome. Kriteria ini diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) yang telah diadopsi 76 Negara di dunia termasuk di Asia, dan Eropa.

“Alhamdulillah, PT Semen Padang tahun ini mampu meningkatkan prestasinya dalam ajang IQA 2014. Ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras semua jajaran di perusahaan, dan dukungan seluruh stakeholders. Keberhasilan ini sejalan dengan perbaikan proses dan kinerja perusahaan yang meningkat secara konsisten dari tahun ke tahun,” kata Direktur Komersial PT Semen Padang, Pudjo Suseno usai acara penganugerahan IQA 2014.

Prestasi ini merupakan yang tertinggi sejak keikutsertaan PT Semen Padang pada ajang IQA sejak 1999. Pada tahun 2011, hanya meraih level Early Improvement, kemudian tahun 2012 dan 2013 naik setingkat ke level Good Performance dan pada tahun 2014 ini kembali naik satu tingkat ke level Emerging Industry Leader.
Dalam anugerah IQA, ada delapan klasifikasi penilaian (dari yang tertinggi ke yang paling rendah)  yaitu, World Class Leader (level tertinggi), Benchmark  Leader, Industry Leader, Emerging Industry Leader, Good Performance, Early Improvement, Early Result, dan Early Development. Saat ini, level tertinggi yang baru bisa dicapai perusahaan Indonesia adalah Emerging Industry Leader.

Menurut Pudjo Suseno, dalam rangka peningkatan kinerja perusahaan secara berkelanjutan, PT Semen Padang senantiasa melakukan berbagai upaya untuk memonitor, mengawasi, mengevaluasi kinerja dan serta melakukan inovasi-inovasi perbaikan pengelolaan perusahaan secara keseluruhan. Salah satu upaya tersebut adalah melakukan benchmarking terhadap best practice dalam dunia industri, khususnya industri semen.

IQA merupakan salah satu best practice paling komprehensif yang dapat digunakan untuk membandingkan, menilai serta melakukan perbaikan-perbaikan sistem manajemen, proses bisnis dan kinerja perusahaan. “Oleh karena itu, kami meyakini bahwa keikutsertaan Perusahaan dalam IQA akan mampu memberikan benefit yang signifikan bagi perusahaan,” kata Pudjo.  (*

note :
Sumber berita ini dikopi dari web PT Semen Padang - fts

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,