UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG di ajang IQA AWARD 2015

 

 

Manfaat dan faedah dari penerapan Baldridge Excellence Framework tentu belum dapat dilihat oleh Pimpinan dan jajaran Universitas Islam Bandung  (UNISBA) saat ini, karena secara operasional pengimplementasian "Baldride Excellence Framework baru saja dimulai yaitu dengan keikut sertaan dalam Indonesian Quality Award 2015 ini. Tentu ada proses dan butuh waktu untuk bisa merasakan bagaimana faedah dan manfaat "Baldridge Excellence Framework ini.

Namun ber-kaca pada Organisasi lain yang sudah merasakan bagaimana "Baldridge"  bekerja meningkatkan kinerja, dan melihat bagaimana kinerja organisasi berjalan di Binus saat ini, maka kami optimis kedepan kinerja organisasi UNISBA akan cepat tumbuh, asalkan bisa  konsisten dan persisten dalam menindak lanjuti statement -statement  Opportunity  For Improvement atau OFI-OFI yang ada dalam dokumen  Feedback

Feedback Report adalah rangkuman pernyataan- yang akan menunjukan kekuatan-kekuatan proses dan hasil yang berhasil diungkapkan kepermukaan dengan menggunakan "persyaratan/requirement" yang telah diformulasikan secara sistimatis, masuk kedalam proses -proses dan hasil-hasil yang  dipetakan dalam satu diagram sistem kerja organisasi yang dikenal dengan "Baldridge Framework" yang isinya dibagi dalam 7 katagori dan satu company profile yang timbul dari 11 core value and concept sebagai ingridient-nya.

Adapun untuk mengukur/memotret  kualitas dari proses-proses disetiap- kategori  di ke 7 katagori, maka "Baldride Framework"  ini  dilengkapi dengan 360 pertanyaan yang dibagi kedalam  35 area to Adress dan di bagi dalam 17 kelompok Pokok atau Item sebagai tool-nya  Dengan demikian tidak ada celah satu proses atau result bisa luput dari peng-indera-an kriteria.

Bangunan Baldridge Framework berdiri diatas fondasi yang  ingridient yang sangat subur (11 core value n concept) dan ditata sangat sistimatis dan dilengkapi garis integrasi yang tegas dan jelas.

Hal-hal tersebut diatas inilah yang menjadikan "Baldridge" diakui sebagai metode perbaikan kinerja organisasi yang paling ampuh dan telah membawa  ribuan  organisasi. berhasil menjadi organisasi ekselen kelas dunia ( pernyataan- pernyataan ceo- ceo perusahan  di blogrige nist usa).

Kami yakin pengalaman langsung   dalam   menyiapkan-menulis Dokumen Aplikasi, merasakan dan melihat langsung  proses assesmen, berupa wawancara dan tatap muka  dengan para examiner sewaktu acara site visit. Dan bertemu   aplikan lainnya  yang sudah lebih awal menerapkan "Baldridge", dan melihat testimoni- testimoni dari Universitas Bina Nusantara, PT Semen Padang dan PT Pembangkitan Jawa Bali dalam acara Penganugerahan IQA Award 2015 lalu, maka UNISBA  tidak akan  ragu untuk terus mengimplementasikan "Baldridge" dan menggunakan feeedback report serta menindak lanjuti   OFI-OFI  dalam pembuatan design  peninggkatan- perbaikan kinerja dimasa datang.  Dengan demikian UNISBA terhindar dari praktek atau cara perbaikan kinerja  yang dilakukan dengan coba-coba dan menduga-duga. Dan akan menghemat biaya yang sangat besar, terhindar  dari kehilangan waktu n biaya akibat kegagalan.

Dengan mengikuti IQA Award maka  kinerja organisasi Anda akan langsung di review dan dianalisis paling tidak 200 jam kerja tinjauan  oleh team examiner dan team teknis IQAF (di Amerika 300 jam kerjatinjauan)

hasilnya, aplikan akan  Aplikan  akan menerima  Feedback report yang isinya berupa review  tentang hal-hal paling signifikan, seperti   Kekuatan dan peluang untuk perbaikan berdasarkan gambaran yang luas  dari analisa yang dilaksanakan  oleh satu team penguji/ examiner.

(Bayangkan kalau Anda ingin mendapatkan hal-hal diatas dengan menggunakan konsultan biaya nya akan sangat besar dan belum tentu memberikan tinjauan yang luas dan dalam karena umumnya konsultan bekerja dengan tenaga yang terbatas (blogrige usa) ).

Mudah- mudahan keberadaan UNISBA dalam ajang Indonesian Quality Award akan memberikan motifasi Perguruan Tinggi lainnya untuk mengaplikasikan Baldridge Excellence Framework ini tanpa ragu.

Selamat datang dalam sebuah perjalanan  menunju ke-ekselen-an tingkat Dunia.

Jakata pertengahan Desember 2015. fts.

 

 link :

The “Great Value” of the Baldrige Framework to a University

 

 

IQA Foundation

logo-iqafIndonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Website: IndonesianQualityAward.com

 

Kontak

Sekretariat IQA Foundation
Jl. Radio IV. No.5, Keramat Pela, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12130
Tel: (6221) 7264135, 726 4280,